Hari lebaran biasanya sangat identik dengan kue kering lebaran, hampir setip masyarakat Muslim di Indonesia menyajikan kue kering di rumahnya saat lebaran tiba. Pembuatan kue kering lebaran sangatlah mudah bila kita ada banyak waktu untuk membuatnya. Akan tetapi bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk membuat kue kering. Anda bisa membelinya di pasar, karena pasti banyak sekali pedengan yang menjual kue kering untuk lebaran. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat kue kering lebaran.

Jadi untuk anda yang mempunyai waktu untuk membuat kue kering, anda bisa mencobanya di rumah. Dengan membuat kue kering lebaran sendiri tentunya kita akan lebih menghemat pengeluaran. Untuk itu simak baik-baik cara membuat kue kering lebaran.

Bahan yang di gunakan

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk membagi resep cara membuat kripik kue kering cokelat. Untuk bahan-bahan yang perlu di siapkan adalah

  1. Tepung terigu sebanyak 225 g
  2. Mentega sebanyak 175 g
  3. Gula halus sebanyak 125 g
  4. Cokelat bubuk sebanyak 20 g
  5. Kuning telur sebanyak 1 butir
  6. Susuk bubuk sebanyak 1 sendok makan
  7. Cokelat batang sebanyak 100 g,
  8. Chip cokelat secukupnya

Cara membuat kue kering lebaran

  1. Siapkan wadah untuk tempat adonan, senjatanya anda masukan tebung terigu, mentega, gula halus dan kuning telur. Setelah semua bahan telah di masukan ke dalam wadah. Aduk sampai merata sampai adonan kue kering tersebut mengembang dengan sempurna.
  2. Carikan cokelat batangan, di gunakan untuk campuran adonan kue.
  3. Selanjutnya setelah adonan tersebut tersa sudah mengembang sempurna. Tambahkan cokelat bubuk, susu bubuk dan juga cokelat batang yang sudah di carikan tadi. Aduk sampai merata pastikan tidak ada bahan yang menggumpal.
  4. Setelah semua bahan sudah tercampur dengan sempurna anda masukan Chip cokelat secukupnya. Tergantung selera anda, bila anda suka dengan Chip cokelat maka bisa masukan yang banyak.
  5. Adonan kue yang sudah jadi tersebut, selanjutnya anda masukan ke dalam loyang. Awas jangan sampai lupa, sebelum anda memasukan adonan ke dalam loyang sebaiknya anda olesi dulu loyang tersebut dengan mentega. Hal ini bertujuan untuk membuat kue tidak menempel pada loyang.
  6. Setelah semua adonan sudah anda masukan ke dalam loyang, selanjutnya tinggal anda panggang adonan kue tadi ke dalam oven. Seting oven pada suhu 15 derajat celcius. Tunggu hingga matang, sampai berubah warna menjadi cokelat kekeringan.
  7. Setelah matang tinggal anda diinginkan terlebih dahulu kue kering yang sadah jadi tersebut.
  8. Setelah kue kering tersebut dingin selanjutnya tinggal anda masukan ke dalam topless. Supaya kue kering yang baru saja kita buat bisa bertahan lama.
  9. Kripik Kue kering cokelat sudah siap di sajikan. Sebagai tambahan bila anda membuat kue kripik Kripik Kue kering cokelat dalam jumlah banyak pastikan topless yang anda pilih untuk tempat kue kering tersebut tertutup dengan sempurna. Karena bila topless tidak tertutup dengan sempurna kue kering yang kita buat tadi tidak bertahan lama. Jadi sangat lah sayang bila nanti harus kita buang.

Sangatlah mudah bukan cara membuat kue kering ramadan, bila anda punya banyak waktu maka anda bisa mencoba membuatnya di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda yang mau belajar membuat kue kering lebaran.