Kenali Beberapa Gejala dan Pemicu Serangan Jantung Berikut!

  • Whatsapp
serangan jantung

Serangan jantung atau yang disebut juga dengan sebutan sindrom koroner akut adalah salah satu gangguan pada jantung yang bisa mengancam jiwa penderitanya. Bahkan, penderita yang mengalami gangguan ini seringkali kehilangan nyawanya secara mendadak. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah sehingga darah tidak bisa diedarkan ke jantung. Bahkan, untuk kondisi yang sudah parah, penyumbatan ini berakibat pada perusakan otot jantung.

Pemicu dan Faktor Risiko

Pada dasarnya, sindrom koroner akut disebabkan karena alirah darah yang menujut otot jantung terhambat. Penyebab yang paling umum menyebabkan penghambatan ini adalah karena penyakit jantung koroner di mana pembuluh darah yang biasanya memasok darah ke bagian pembuluh darah koroner mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini pun terjadi karena adanya timbunan kolesterol yang mengendap lalu membentuk sebuah plak di area dinding pembuluh darah tersebut.

Selain itu, ada pun faktor risiko yang bisa mempengaruhi atau menjadi penyebab terjadinya serangan jantung. Beberapa diantaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Adanya penyakit yang seperti aneurisma yang bisa membuat dinding pembuluh darah jadi melemah
  2. Gangguan hipoksia atau kekurangan oksigen pada sel dan jaringan tubuh pun bisa menjadi pemicu sindrom koroner akut
  3. Penyalahgunaan obat-obatan seperti narkoba bisa membuat pembuluh darah seketika tersumbat
  4. Pola hidup yang tidak sehat seperti sering minum minuman beralkohol, makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, obesitas atau kelebihan berat badan yang bisa memicu kolesterol tinggi, hipertensi atau tekanan darah yang tinggi, hingga polusi udara.

Gejala

Setelah Anda mengetahui beberapa faktor risiko dan penyebab yang bisa memicu serangan jantung, tentunya Anda pun perlu mengetahui gejala apa saja yang menyertai penyakit ini. Pada dasarnya, hampir semua penderita menunjukan gejala yang umum. Meskipun tingkat keparahannya bisa tergantung dari kondisi penderita atau seberapa parah penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang kerap muncul dan dirasakan oleh penderita sindrom koroner akut:

  1. Nyeri dada yang dirasakan cukup hebat serta berlangsung cukup lama
  2. Merasa kesulitan saat bernapas karena sesak atau napas jadi terasa lebih berat
  3. Muncul rasa cemas dan gelisah yang tidak diketahui apa penyebabnya
  4. Rasa sakit yang menjalar di beberapa bagian tubuh, biasanya akan dimulai pada bagian lengan di sebelah kiri, lalu menjalar hingga ke bahu, rahang, leher, hingga bagian perut dan juga punggung
  5. Badan mudah merasa lemah meskipun tidak beraktivitas berat
  6. Kepala pusing bahkan untuk kondisi parah bisa sampai hilang kesadaran

Pada dasarnya beberapa gejala tersebut sering dirasakan oleh penderita serangan jantung, namun pada beberapa kasus ada yang tidak mengalami gejala apapun. Bahkan ada yang langsung mengalami perhentian detak jantung secara mendadak karena adanya kejang pada organ jantung. Beberapa kasus pun ada yang tidak menunjukan gejala, namun penderitanya langsung kehilangan nyawa.

Meskipun begitu, ketika Anda mulai merasa adanya gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Biasanya, pihak dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan seperti EKG, rontgen dada, hingga MRI jantung dan sebagainya untuk memastikan masalah apa yang terjadi dan bagaimana kondisi atau kemampuan jantung pada saat itu. Untuk menghindari penyakit serangan jantung, tentu ada baiknya segera untuk menerapkan pola hidup sehat. Agar kolesterol di dalam tubuh tidak mengendap dan menimbulkan dampak bahaya bagi tubuh.

Selain itu, jika Anda memang ingin berkonsultasi langsung mengenai masalah penyakit jantung, atau masalah kesehatan yang sedang Anda hadapi, bisa gunakan aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dan mencari solusi permasalahan kesehatan Anda langsung dengan dokter ahlinya. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur chat atau video call yang sangat praktis dan fleksibel tentunya.

Related posts