Hal Menarik Tentang Sistem Gerak Pada Tubuh

  • Whatsapp
Sistem Gerak Pada Tubuh

Apakah kamu pernah berpikir tentang bagaimana tangan kita bisa bergerak dengan bebas? Anggota tubuh kita bisa bergerak dengan bebas karena adanya sistem gerak pada tubuh. Biar lebih jelas saya akan ilustrasikan hal ini yang hampir sama dengan kayu dan batu bata di struktur rumah. Semakin kuat strukturnya kuat, maka semakin kuat juga rumah itu. Kinerja pada sistem gerak manusia ini juga di support oleh tiga elemen penting, yang terdiri dari kerangka, sendi dan juga otot yang akan memastikan kamu bisa melakukan banyak tugas dan gerakan dengan cepat dan fleksibel.

Coba bayangkan jika salah satu dari ketiga elmen tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka kamu akan ksulitan melakukan berbagai aktivitas. Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui lebih lanjut tentang sistem gerak manusia dan kiat-kiat untuk menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik. Simak ulasanya dibawah ini sampai habis ya!

Apasih yang di maksud dengan sistem gerak tubuh?

Sistem gerak pada tubuh manusia disebut juga sistem muskulosketel, yang berarti sistem tubuh ini memberikan manusia kemampuan untuk bergerak dengan menggunakan otot, tulang, dan sendi serta organ lainnya seperti tulang rawan dan ligament. Bukan hanya itu, sistem gerak tubuh juga tidak hanya berfungsi untuk menggerakkan tubuh, tapi sistem gerak manusia juga berfungsi sebagai pembentuk postur tubuh, menjaga stabilitas, dan juga menahan berat tubuh.

Ya, intinya adalah sistem gerak dalam tubuh membantu kamu untuk bergerak sekaligus mengontrol agar tubuh tidak melakukan pergerakan yang berlebihan yang akan membuat cedera. Jadi jika lihat penjelasan diatas terdapat tiga bagian yang sangat penting dalam sistem gerak tubuh manusia, yakni tulang, otot, dan sendi.

Fakta Menarik Tentang Sistem Gerak Manusia

Melihat lebih dalam tentang tiga elmen penting dalam tubuh kita, berikut adalah fakta menarik yang perlu kamu ketahui seputar rangka, sendi, dan otot yang membentuk sistem gerak tubuh manusia yang patut kita ketahui:

  1. Kerangka Terbuat dari ± 200 Tulang

Kerangka yang ada pada tubuh manusia tepatnya memiliki 206 tulang yang masing-masing tulang tersebut memiliki peran penting dalam mematikan mekanisme tubuh agar berfungsi dengan baik. Ini dikarenakan, jika tulang patah, semua tulang di sekelilingnya atau di sekitarnya tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar. Perlu kita tahu lagi bahwa jumlah ini sebenarnya sudah berkurang. Karena sebenarnya saat kita bayi baru lahir memiliki kurang lebih sekitar 270 tulang, dan nantinya lama-kelamaan tulang-tulang kecil tersebut bergabung bersama dan membentuk tulang yang lebih besar, jadi setiap perkembangan manusia tulang yang ada semakin berkurang.

  1. Telinga Memiliki Tulang Terkecil

Sebutan dari tulang terkecil yang ada di telinga adalah stapes, tulang yang ada di bagian dalam telinga ini menjadi tulang yang terkecil dari semua tulang yang ada. Bersama dengan tulang palu dan anvil, stapes membantu menerjemahkan suara yang didengar ke dalam gelombang yang dapat dipahami oleh otak. Nah jika kamu memiliki pendengaran yang kurang baik mungkin saja tulang telinga kamu memiliki masalah atau ada juga bagian lainnya seperti gendang telinga yang memiliki masalah.

Sangat menarik bukan sistem gerak pada tubuh kita ini, pasti hal ini baru pertama kali kamu dengar bukan. Dan semoga kamu bisa menambah ilmu lain di informasi lainnya yang akan saya bagian selanjutnya.

Related posts