Sumber: pinterest.com

Menjadi anak kuliahan yang indekos (kos) itu ibaratnya belajar untuk menjadi orang yang lebih mandiri. Karena, selalu dihadapkan dengan mengatur segala sesuatu dan memenuhi semua kebutuhan hidupnya sendiri. Anak kos selalu identik dengan hal-hal yang harus mampu dipenuhi sendiri, mulai dari makan, tempat tinggal hingga segala kebutuhannya sehari-hari. Dari semua itu juga, tak jarang kalau anak kos sering bermasalah dalam keuangannya. Apalagi kalau anak kos yang segala kebutuhannya masih tergantung dengan kiriman orang tua. Di tengah bulan pun tak jarang jika uang kiriman tersebut sudah menipis padahal belum akhir bulan.

Untuk memenuhi segala kebutuhan agar bisa mencukupi hingga akhir bulan tentu kamu harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan yang dikirim dari orang tua. Terlebih lagi, jika uang kiriman itu pas-pasan. Dan pada akhirnya, kamu perlu memutar otak benar-benar bagaimana caranya kamu bisa hidup dengan uang yang pas-pasan tersebut hingga 1 bulan ke depan. Banyaknya pengeluaran yang cukup mendesak kadang membuat kita sulit untuk mengendalikan keuangan. Alhasil, uang kiriman orang tua jadi cepat habis di tengah bulan. Lalu, bagaimana caranya mengatasi permasalahan ini? Nah, biar kamu gak terlalu membebani orang tua karena meminta uang terus menerus, lebih baik kamu mengikuti beberapa tips ini agar bisa lebih hemat lagi, yuk!

  • Catat Anggaran Keuangan untuk Sebulan

Sumber: pinterest.com

Bukan hanya orang yang sudah punya penghasilan saja yang boleh membuat catatan anggaran keuangan. Tetapi yang masih kuliah juga wajib membuatnya. Tidak usah yang terlalu sulit, mulailah dengan mencatat perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan dalam waktu sebulan ini. Contohnya saja, biaya transportasi, iuran himpunan, uang makan, pulsa, kebutuhan peralatan mandi dan kebutuhan lainnya. Semakin kamu membuatnya dengan sederhana, maka akan semakin mudah pula kamu memahaminya. Setelah membuat rancangan, usahakan untuk mematuhi semua anggaran yang telah kamu buat itu. Sehingga kamu bisa lebih hemat dalam mengatur keuangan.

  • Manfaatkan Segala Fasilitas Gratis yang Ada di Kampus

Sumber: pinterest.com

Di setiap kampus pastinya sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para mahasiswa. Contohnya saja, perpustakaan, sarana olahraga hingga wifi gratis. Nah, agar kamu bisa menghemat pengeluaran kamu untuk membeli paketan data, kamu bisa nih mengandalkan fasilitas wifi yang ada di kampus biar bisa mendukung aktivitas belajar kuliah kamu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas olahraga di kampus daripada mengeluarkan uang banyak hanya untuk berolahraga. Kamu bisa berlari pagi di area lapangan atletik kampus atau kamu juga bisa bermain bersama teman kampus kamu di lapangan basket, badminton atau sepak bola.

  • Utamakan Meminjam Ketimbang Membeli

Sumber: pinterest.com

Saat memasuki awal semester baru pastinya buku pelajaran akan baru juga. Daripada kamu harus mencari buku di toko buku dengan harga yang mahal, ada baiknya kamu pergi ke toko yang jual buku bekas saja dengan harga terjangkau. Di toko buku bekas biasanya mereka menawarkan harga 40% lebih murah dari harga buku aslinya. Biar lebih hemat lagi, mungkin kamu bisa memanfaatkan pertemanan kamu dengan senior atau teman di kampus agar bisa meminjam buku nya untuk satu semester.

  • Usahakan Memasak Makanan Sendiri di Dapur Kos

Sumber: pinterest.com

Bukan buat cewek saja, laki-laki juga wajib memasak makanan sendiri di dapur kos agar lebih hemat. Daripada membeli makanan cepat saji di luar dan membuat uang jadi cepat habis, lebih baik kamu memasak makanan sendiri di dapur kos. Pilihlah menu makanan yang tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan banyak biaya. Yang terpenting makanan tersebut sehat dan layak untuk dimakan. Dengan begitu, maka kamu bisa menghemat pengeluaran kamu jadi lebih irit.

  • Membawa Bekal Ke Kampus Biar Lebih Irit

Sumber: pinterest.com

Kalau kamu sudah memasak makanan di tempat kost, kenapa tidak sekalian saja membawa bekal untuk ke kampus? Dengan kamu membawa bekal, maka kamu bisa menghemat pengeluaran kamu jadi lebih irit. Selain itu, kamu juga dapat menghemat waktu istirahat. Karena kamu tidak perlu lagi berdesak-desakan di kantin untuk membeli sebuah makanan. Tetapi kalau kamu tidak ada waktu untuk membuat makanan di pagi hari, mungkin kamu bisa memasak makanan di malam hari dan memasukkannya ke dalam kulkas. Lalu saat pagi menjelang kamu hanya perlu memanaskannya saja. Pilihlah menu yang sehat dan tidak mudah basi untuk dibawa ke kampus, ya!

  • Gunakan Transportasi yang Lebih Efektif

Sumber: pinterest.com

Kalian biasanya pergi ke kampus naik apa? Apakah memakai kendaraan bermotor atau jalan kaki karena dekat? Jika kamu pergi menggunakan motor, tentunya kamu perlu mengeluarkan uang yang cukup besar. Bagaimana tidak, transportasi satu ini pastinya membutuhkan perawatan dan bahan bakar kisaran 3 kali dalam seminggu. Jika dihitung-hitung lagi, hal ini bisa membuat pengeluaran kamu jadi boros. Terlebih lagi buat mahasiswa yang memiliki uang pas-pasan pastinya belum sanggup untuk menghadapi pengeluaran yang tetap, bukan?

Untuk itu, cobalah menggunakan transportasi yang lebih murah dan efektif, yakni sepeda. Namun, kalau kamu takut jika menggunakan sepeda ke kampus malah jadi telat dan kelelahan. Disarankan untuk berangkat lebih awal dari jam kuliah agar kamu bisa sampai di kampus dengan cepat. Kamu bisa menggunakan sepeda lipat untuk pergi ke kampus. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu juga bisa sekalian berolahraga dengan sepeda. Dengan begitu, maka kamu akan lebih hemat dan sehat. Jangan lupa bawa air putih di botol agar lebih irit lagi, ya, guys!

  • Bawa Uang Secukupnya Saat Ingin Bepergian

Sumber: pinterest.com

Untuk menghemat pengeluaran selanjutnya kamu bisa melakukan tips satu ini, yakni membawa uang secukupnya saat bepergian. Cobalah susun rencana kamu sebelum pergi terlebih dahulu. Catat semua keperluan yang akan kamu beli dan apa yang akan kamu lakukan saat pergi ke luar. Sehingga uang yang akan kamu bawa tidak akan kekurangan. Membawa uang secukupnya saat bepergian juga bisa membantu kamu untuk belajar menahan diri dalam mengeluarkan budget untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan.

Nah, itulah tips-tips yang bisa kami berikan untuk kamu agar bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan. Namun yang terpenting adalah kamu bisa konsisten untuk menjalaninya. Sehingga kamu bisa hidup hemat dengan mudah. Baca juga Apa Untungnya Membeli Biji Kopi Sendiri?.